Perbedaan 3 Sistem Penggerak Roda Mobil


Bahas soal mobil pasti kamu sudah pernah mendengar tentang sistem penggerak rodanya, yaitu RWD, FWD, dan AWD.

Dengan mengetahui perbedaan dan keunggulan masing-masing sistem tersebut, tentu saja bisa jadi pertimbangan buat kamu yang ingin membeli mobil.

Sistem Penggerak Roda Depan (FWD)

Front-Wheel Drive adalah sistem yang membuat roda depan menjadi penggerak utama sebuah mobil.

Harga mobil yang menggunakan sistem ini cenderung lebih terjangkau dikarenakan tidak banyak sparepart yang terpasang pada mobil sehingga biaya produksi pun jadi lebih murah, akibatnya mobil dengan sistem ini menjadi lebih ringan serta traksi kendaraan akan lebih baik, terutama saat jalan dalam kondisi licin. Sistem ini membuat bobot mobil jadi berat di depan sehingga akan lebih sulit dikendalikan ketika muatannya penuh.

Kontrol mobil saat berada di kecepatan penuh juga sedikit sulit. Mobil ini juga lebih mudah mengalami kerusakan saat mengalami benturan di jalan. Honda Brio, Toyota Vios, dan Suzuki Swift menggunakan sistem ini.

Sistem Penggerak Roda Belakang (RWD) 

Biasanya mobil yang menggunakan sistem ini memiliki keunggulan pada desain yang kokoh sehingga lebih tahan jika berkendara di jalan yang rusak.

Biaya perbaikannya juga lebih murah. Selain itu keseimbangan mobil juga lebih baik terutama saat melakukan akselerasi dengan kecepatan yang tinggi. 

Hanya saja traksi mobil akan menurun, terutama saat berada di jalan basah ataupun licin, sehingga riskan terjadi slip. Bobot kendaraan juga cukup berat sehingga menjadikan mobil lebih boros dalam hal bahan bakar. 

Daihatsu Terios dan Toyota Avanza adalah sekian merek yang menggunakan sistem penggerak roda ini.

Sistem Penggerak 4 Roda (AWD) 

Sistem ini mempunyai nama asing All-Wheel Drive, dimana mobil seperti Toyota Hilux dan Audi Q5 menggunakan semua roda sebagai penggerak. Hal ini membuat kendaraan ini bisa beratraksi, baik Off-Road maupun On-Road.

Sistem ini sendiri diadopsi dari 4WD yang biasanya digunakan oleh mobil khusus Off-Road, karena memiliki akselerasi dan traksi yang baik di berbagai jalur.

Namun dikarenakan banyaknya komponen yang terpasang di dalamnya, menjadikan bobot mobil ini juga ikut bertambah. Hal ini tentu saja membuat mobil lebih boros dalam bahan bakar dan biaya perawatan juga tergolong mahal.

Perbandingan FWD, RWD, dan AWD

Untuk masalah biaya, jenis mobil FWD sering dijuluki mobil ekonomi dikarenakan irit dan lebih murah. Sementara itu mobil RWD lebih memiliki keseimbangan. Kemampuan berbelok mobil ini juga lebih baik, makanya banyak digunakan oleh mereka yang suka nge-drift

Kalau mobil dengan sistem penggerak AWD memang diciptakan untuk menutupi kekurangan sistem penggerak FWD dan RWD, sehingga tidak salah jika AWD punya performa lebih daripada FWD dan RWD terutama dalam hal traksi serta dalam hal menghadapi berbagai medan.

Namun demikian, mobil dengan sistem ini justru terbilang mahal dikarenakan biaya perawatan dan harga jual yang tinggi.

Mana yang Lebih Kencang?

Untuk masalah kecepatan, AWD tentunya lebih unggul mengingat banyak mobil balap yang menggunakan sistem ini. Pemberian tenaga pada setiap roda juga menjadikan distribusi tenaga lebih merata.

Sementara RWD menempati peringkat kedua, dimana keseimbangan mobil menjadi penentu utama. Menjadikan mobil lebih mudah berakselerasi dan mudah dikendalikan.

Mana yang Lebih Irit?

Jika membahas soal keiritan BBM, maka FWD menjadi juara apabila dibandingkan dengan sistem penggerak lainnya. Hal ini dikarenakan oleh tenaga pada mesin mobil yang langsung disalurkan ke ban depan, sehingga penggunaan bahan bakar lebih efisien. Bobot mobil yang lebih ringan juga berdampak pada efisiensi penggunaan BBM. 

Sementara itu mobil dengan penggerak AWD menjadi yang paling boros bahan bakar. Ditambah lagi bobot kendaraan yang berat serta semua roda bergerak bersamaan menjadi penyebab sistem AWD ini mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar.

Itulah beberapa penjelasan head-to-head antara FWD, RWD, dan AWD. Semoga bisa jadi bahan pertimbangan bagi kamu dalam membeli kendaraan yang baik.


Belum ada Komentar untuk "Perbedaan 3 Sistem Penggerak Roda Mobil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel